Agung Pratnyawan
Main game dengan Redmi Note 8. (HiTekno.com/ Agung Pratnyawan)

Tech.hitekno.com - Cara merekam layar HP Xiaomi dengan suara berikut ini cocok untuk kamu yang ingin membuat konten main game atau gameplay hingga tutorial HP Android.

Bagi kamu pengguna HP Xiaomi memang memiliki keuntungan sendiri karena pihak perusahaan Xiaomi ini memang sudah memberikan layanan atau fitur pada smartphone miliknya dengan fitur untuk merekam layar HP Xiaomi.

Meski demikian, untuk bisa menggunakan fitur perekam layar HP Xiaomi, kamu harus sudah menggunakan minimal OS MIUI 8. Kamu bisa cek veri MIUI HP kamu dengan cara klik Setelan/Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Versi MIUI

Baca Juga:
Cara Merekam Layar Laptop dengan Xbox Game Bar

Jika HP Xiaomi kamu sudah sesuai, maka kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini bagaimana cara merekam layar HP Xiaomi dengan suara:

Cara Merekam Layar HP Xiaomi:

  1. Buka HP Xiaomi kamu dan langsung ke folder Alat.
  2. Cari saja aplikasi bernama Perekam Layar atau Screen Recorder.
  3. Setelah aplikasi terbuka, kamu hanya tinggal klik Ikon Recorder yang berada di kanan bawah layar.
  4. Setelah itu aplikasi Screen Recorder ini bakal tertutup secara otomatis
  5. Silahkan kalian buka bagian mana yang ingin direkam, jika sudah maka tekan ikon pop-up bertuliskan Mulai / Start yang muncul di layar. 
  6. Jika ikon tersebut menampilkan ‘detik yang berjalan/durasi waktu’, maka proses perekaman layar sedang berlangsung.
  7. Apabila proses perekaman dirasa sudah cukup, silahkan tekan lagi tombol pop up dan klik Stop.
  8. Rekaman layar kamu langsung tersimpan di galeri.

Biasanya, rekaman layar akan langsung menyertakan suara. Namun jika rekaman layar HP kamu tidak menyertakan suara, maka kamu bisa menyettingnya dengan cara sebagai berikut.

Baca Juga:
Lengkap! Begini Cara Merekam Layar HP Samsung, Xiaomi, Oppo, Realme

Cara mengatur suara di perekam HP Xiaomi:

  1. Buka aplikasi Screen Recorder seperti tadi.
  2. Cari ikon Roda Gigi kemudian klik menu Pengaturan.
  3. Cari menu Sumber Suara/ Sound Source. Buka menu tersebut maka akan ada tiga pilihan menu yakni hening, mikrofon dan suara sistem.
  4. Jika ingin memunculkan suara dari konten yang direkam bisa pilih menu suara sistem, sementara jika ingin suara kamu yang direkam maka pilih pengaturan mikrofon.
  5. Jika sudah, silahkan lakukan perekaman seperti cara di atas.

 

Merekam Layar HP Xiaomi

Baca Juga:
Mudah, Begini Cara Merekam Layar Laptop untuk Windows dan MacBook

Merekam layar menjadi salah satu aktivitas yang kerap dilakukan oleh pengguna smartphone belakangan ini. Tujuan mereka pun bermacam-macam, mulai dari membuat konten hingga memang melakukan hal penting.

Para konten kreator TikTok misalnya. Banyak diantara konten-konten mereka yang berisi tutorial lifehack tentang smartphone.

Untuk bisa memberikan penjelasan menyeluruh kepada penonton, maka salah satu teknik yang mereka gunakan adalah mempraktikkannya langsung dengan mengunggah tutorialnya.

Baca Juga:
Cara Merekam Layar Laptop, Mudah Tanpa Install Aplikasi Tambahan

Jika tutorial berkaitan dengan lifehack HP, maka merekam layar menjadi pilihan yang pas. Selain untuk konten, merekam layar juga bisa digunakan untuk kamu yang ingin memberi informasi kepada teman tanpa kerepotan.

Mengacu pada alasan tersebut, mengetahui bagaimana cara merekam layar HP Xiaomi menjadi salah satu keterampilan yang penting dan bermanfaat saat ini.

Itulah cara merekam layar HP Xiaomi dengan suara yang kamu kehendaki. Mudah bukan tutorial HP Android di atas.

Kontributor: Damai Lestari