Cesar Uji Tawakal
Realme 10 Pro Plus 5G Smartphone Terlaris. (Realme Indonesia)

Tech.hitekno.com - Layar lengkung pada smartphone belakangan kerap jadi sorotan, apalagi kalau bukan gara-gara Realme 10 Pro Plus yang bikin ponsel kontroversial.

Ponsel ini menyajikan layar lengkung dan chipset Dimensity 920 plus banderol yang tak bisa dibilang murah, membuatnya banyak jadi sorotan. Begitu juga dengan Infinix Zero Ultra yang juga membekali ponselnya dengan layar sejenis.

Mengenai layar lengkung, sebelum membeli ponsel yang dibekali display tersebut, mungkin kamu tertarik untuk mengetahui keunggulan dan kelemahannya, apa saja?

Baca Juga:
Intip Tanggal Peluncuran Oppo A78, Seperti Apa Harga dan Spesifikasinya?

Layar Infinix Zero Ultra. (Infinix)

Keunggulan layar lengkung pada smartphone diantaranya:

  • Estetika yang lebih menarik: Layar lengkung memberikan tampilan yang lebih elegan dan futuristik pada perangkat.
  • Ergonomi yang lebih baik: Layar lengkung menyediakan tampilan yang lebih luas dan membuat perangkat lebih mudah digenggam, sehingga lebih nyaman digunakan dalam jangka panjang.
  • Privasi yang lebih baik: Layar lengkung dapat mengurangi jumlah sudut pandang yang memungkinkan orang lain melihat tampilan Anda, sehingga lebih aman untuk digunakan dalam situasi yang sensitif.
  • Fitur tambahan: Beberapa smartphone dengan layar lengkung juga menyediakan fitur tambahan seperti gestur khusus yang tak bisa diaplikasikan pada layar flat konvensional.

Namun, layar lengkung juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya:

  • Biaya yang lebih tinggi: Layar lengkung memiliki biaya produksi yang lebih tinggi dibandingkan layar datar, sehingga harga smartphone dengan layar lengkung biasanya lebih mahal.
  • Rentan terhadap kerusakan: Layar lengkung lebih rentan terhadap kerusakan jika terjatuh atau terkena tekanan yang cukup kuat.
  • Sulit dalam perawatan: Layar lengkung lebih sulit dalam perawatan dan pembersihan dibandingkan layar datar.
  • Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel: Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan layar lengkung, sehingga mungkin tidak dapat digunakan dengan baik.

 

Baca Juga:
Infinix Note 2023 Jadi HP Resmi M4 World Championship Mobile Legends