Rezza Dwi Rachmanta
POCO X3 NFC. (POCO)

Tech.hitekno.com - LineageOS memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan personalisasi khusus. Developer atau tim pengembang mengungkap bahwa LineageOS 20 kini tersedia untuk 3 HP Xiaomi.

LineageOS memperluas fungsionalitas dan masa pakai perangkat seluler dari lebih dari 20 produsen berbeda.

Ini bisa dicapai berkat komunitas kontributor open source yang tersebar di seluruh dunia. Sejak dirilis pada Desember lalu, iterasi terbaru dari perangkat lunak aftermarket, LineageOS 20, terus memperluas jangkauannya.

Baca Juga:
Hampir 35.000 Akun Paypal Dibajak, Sebabnya Sepele

Dilansir laman XDA Developer, tim pengembangan kini telah menambahkan dukungan untuk perangkat lain, yakni Poco X3, Xiaomi Mi 6, dan Mi Mix 2.

Kamu dapat mengunduh LineageOS 20 dari tautan wiki untuk perangkat kamu dan menginstalnya dengan mengikuti petunjuk yang diberikan pada halaman dan/atau utas forum terkait.

LineageOS. (LineageOS)

Selain ponsel yang disebutkan di atas, Motorola One Fusion Plus (liber), Xiaomi Mi 11i/Mi 11X Pro/Redmi K40 Pro (haydn), Mi 11 Lite 5G (renoir), dan Xiaomi 11 Lite 5G NE/11 LE (lisa) sekarang didukung di bawah LineageOS 19 (berdasarkan Android 12).

Baca Juga:
Rayakan Ultah Ke-2, POCO Indonesia Ungkap Rencana 2023 Tetap Fokus ke Gen Z

Ada kemungkinan besar perangkat ini dapat ditingkatkan ke LineageOS 20 nanti, karena pengelola terus bekerja di port, tetapi kita harus menunggu dan melihat.

Untuk menginstal sistem operasi LineageOS, kamu memerlukan bootloader yang tidak terkunci dan pemulihan khusus yang diinstal pada perangkat.

Faktanya, tim LineageOS juga menyediakan gambar pemulihan khusus perangkat untuk membuat proses instalasi semulus mungkin.

Baca Juga:
Poco X3 GT vs Vivo T1 Pro 5G: Duel Ketat, Siapa Pemenangnya?

Selanjutnya, kamu mungkin juga perlu mem-flash paket aplikasi Google (GApps) karena tidak dibundel dengan ROM.

Ingatlah, jangan lupa mencadangkan semua data kamu sebelum memulai transisi atau kehilangan selamanya. (Suara.com/ Dythia Novianty)