Cesar Uji Tawakal
Microsoft Word. (Microsoft)

Tech.hitekno.com - Microsoft Word masih menjadi salah satu aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan. Hal tersebut wajar sebab Microsoft Word memiliki beragam fitur yang bisa dimanfaatkan.

Jika kamu membuat skripsi atau teks panjang, terkadang kamu membutuhkan fitur yang disebut dengan Page Break.

Ya, buat kamu yang sudah sering bekerja dengan Ms. Word, maka kamu pasti sudah kenal dengan fitur yang bernama Page Break ini.

Baca Juga:
Kapan Attack on Titan Final Season Part 3 RIlis? Semua Penjelasannya di Sini

Misalnya saat membuat skripsi, page break berguna untuk membuat nomor halaman yang berbeda bentuk (angka romawi atau bilangan biasa) di halaman depan, daftar Isi, pendahuluan, dan pembahasan.

Pada intinya, fungsi dari Page Break ini adalah menyisipkan halaman dengan format yang berbeda di setiap halaman.

Page Break juga digunakan untuk mengakhiri halaman tanpa mengisinya dengan teks. Page Break biasanya juga digunakan untuk memulai bab di halaman baru untuk standar umum dalam penerbitan.

Baca Juga:
Asik! POCO M3 Dapat Update MIUI 13, Begini Cara Downloadnya

Untuk memastikan bahwa bab baru muncul di halaman terpisah, sisipkan jeda halaman segera setelah teks di akhir bab.

Cara menggunakan Page Break

Sebenarnya, cara menggunakan Page Break ini sangatlah mudah. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk menyisipkan Page Break.

Baca Juga:
Super Manggis Comeback, Ryzen Resmi Masuk Roster Bigetron Red Aliens

Yang pertama dari tab Sisipkan di menu Word, di bagian Halaman. Selain itu, kamu juga dapat menyisipkan Page Breaks, Column Breaks, and Text Wrapping dari Break Button di bagian Penyetelan Halaman pada tab Tata Letak.

Page Break di halaman Insert

Page Break Microsoft Word. (Hitekno/Damai Lestari)

Page Break dari Layout

Page Break Microsoft Word. (Hitekno/Damai Lestari)

Setelah memutuskan salah satu dari dua cara di atas, selanjutkan kamu cukup letakan kursor di bagian halaman yang ingin kamu pisahkan.

Kamu dapat memilih menu "Layout" atau "Insert" seperti gambar di atas, kemudian pilih opsi Break dan pilih menu Page

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fitur Page Break menggunakan pintasan, dengan mengklik tombol "Ctrl+Enter" pada keyboard laptop atau PC kamu.

Saat kamu menggunakan Page Break, maka kamu dapat langsung membuat halaman baru tanpa mengubah posisi konten di halaman sebelumnya.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu repot menekan tombol “Enter” terus menerus di setiap halaman ketika ingin membuat halaman baru di dokumen Microsoft Word kamu.

Page Break juga dapat memisahkan paragraf untuk ditempatkan di halaman baru. Namun, page break tidak dapat memisahkan nomor halaman, margin, ukuran, font, dan sebagainya yang memiliki format berbeda.

Nantinya, halaman baru yang dibuat oleh page break akan tetap memiliki format yang sama dengan format halaman sebelumnya.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan Page Break di Microsoft Word.

Kontributor: Damai Lestari