Cesar Uji Tawakal
Donald Trump. (Instagram/ realdonaldtrump)

Tech.hitekno.com - Dua tahun lalu, Facebook milik Meta tanpa batas waktu menangguhkan akun mantan Presiden AS Donald Trump di platform media sosial menyusul kerusuhan di Capitol Hill.

Larangan itu selanjutnya diperluas ke akun Instagram juga. Dua tahun kemudian, Meta telah mengumumkan bahwa penangguhan tersebut sekarang akan segera berakhir.

Dilansir dari Android Central, pengumuman Meta pada hari Rabu (25/1/2023) menunjukkan penangguhan akun Trump akan berakhir dalam beberapa minggu mendatang. Lebih lanjut, untuk mencegah pelanggaran berulang, Meta memastikan bahwa ada guard rail yang ketat.

Baca Juga:
Akunnya Tak Lagi Diblokir, Donald Trump Tetap Ogah Balik ke Twitter, Ini Sebabnya

Dalam posting blog, Nick Clegg, Presiden Urusan Global Facebook, menunjukkan bahwa media sosial apa pun "berakar pada keyakinan bahwa debat terbuka dan aliran ide yang bebas adalah nilai-nilai penting."

Akun Twitter Donald Trump. (Twitter)

"Sebagai aturan umum, kami tidak ingin menghalangi debat terbuka, publik, dan demokratis di platform Meta — terutama dalam konteks pemilihan umum di masyarakat demokratis seperti Amerika Serikat. Publik harus dapat mendengar apa yang dikatakan politisi mereka - yang baik, yang buruk dan yang jelek - sehingga mereka dapat membuat pilihan berdasarkan informasi di kotak suara."

Sebelumnya, akun Twitter dari Trump juga sempat dibekukan, namun kini sudah kembali semenjak era akuisisi media sosial tersebut oleh Elon Musk.

Baca Juga:
Elon Musk Kembalikan Akun Twitter Donald Trump, Malah Begini Tanggapannya

Walau demikian, Trump tetap tak mau menggunakan kembali akun Twitter lamanya tersebut.