Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)

Tech.hitekno.com - Rapidus, pembuat chip yang didukung oleh pemerintah Jepang, telah mengumumkan rencana barunya untuk teknologi semikonduktor canggih.

Perusahaan sedang berusaha untuk membangun jalur proses prototipe chip 2nm pada tahun 2025.

Dengan kata lain, usaha chip Jepang mungkin berusaha mengejar ketinggalan dengan pembuat chip kontrak terbesar di dunia, TSMC.

Baca Juga:
Pakar Ungkap Tekanan Barat ke China Soal Semikonduktor Bisa Jadi Bumerang

Bagi mereka yang tidak menyadarinya, Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan akan memulai produksi risiko dari proses 2nm generasi berikutnya pada tahun 2024.

Selain itu, produksi massal untuk proses semikonduktor mutakhir ini juga akan dimulai sekitar tahun 2025.

Demikian pula, bahkan Samsung bergegas untuk memulai produksi lini proses 2nm-nya pada tahun yang sama.

Baca Juga:
Pengiriman HP di India Turun pada 2022, Tapi Segmen Premium Berkembang Pesat

Sayangnya, perusahaan baru mengumumkan timeline lini prototipenya. Produksi massal dari proses lanjutan hanya dijadwalkan akan dimulai sekitar akhir 2020-an.

Meskipun, bahkan dengan jadwal ini, perusahaan yang didukung pemerintah Jepang masih tidak terlalu jauh di belakang raksasa industri, TSMC.

Perusahaan juga akan secara resmi mematangkan rencananya terkait lokasi lokasi untuk fasilitas prototipe pada Maret mendatang. Khususnya, situs ini juga akan bertanggung jawab atas produksi massal nanti.

Baca Juga:
Laba Nokia Meroket, Penghasil Cuan Terbanyak Bukanlah HP

Beberapa faktor kunci yang akan mempengaruhi keputusan ini adalah ketersediaan air yang stabil dan infrastruktur listrik yang kuat.

Lokasi ini juga harus dapat "menarik bakat dalam dan luar negeri dengan mudah," menurut Presiden Rapidus Atsuyoshi Koike.

Dia menyatakan bahwa "kami bertujuan untuk hanya memproduksi chip canggih, membangun model bisnis margin tinggi," lebih lanjut menambahkan bahwa "Kami ingin mendatangkan insinyur dari bidang yang menjadi spesialisasi perusahaan yang berbeda, untuk menciptakan nilai baru".