Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi smartphone basah. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - Komisi Perdagangan Adil Jepang baru-baru ini merilis Laporan Studi Pasar tentang OS Seluler dan Distribusi Aplikasi Seluler, mengungkapkan bahwa Google dan Apple memegang monopoli yang signifikan di pasar untuk ponsel cerdas, sistem operasi seluler, toko aplikasi, dan jam tangan pintar, menyisakan sedikit ruang untuk pesaing.

Dilansir dari Gizmochina, untuk mengatasi masalah ini, regulator telah mengusulkan empat set tindakan yang bertujuan untuk mempromosikan lingkungan kompetitif yang sehat dan adil di ekosistem seluler.

Serangkaian tindakan pertama berfokus pada pencegahan preferensi diri, sambil juga memastikan akses yang sama untuk pengembang pihak ketiga.

Baca Juga:
Nintendo Switch Sah Jadi Konsol Terlaris Ketiga Sepanjang Masa

Regulator menyarankan langkah-langkah seperti menyediakan akses yang sama ke fungsi OS dan peringatan awal pembaruan untuk semua pengembang, bukan hanya mereka yang bekerja untuk Android Google dan iOS Apple.

Selain itu, laporan ini menyerukan akses ke layanan pembayaran pihak ketiga untuk pembelian aplikasi dan dalam aplikasi.

Rangkaian reformasi kedua bertujuan untuk meningkatkan portabilitas data pengguna antara sistem operasi dan mempromosikan lingkungan kompetitif yang sehat di OS seluler dan pasar aplikasi.

Baca Juga:
Akui Kecewa Usai Resmi Dilepas EVOS, Penggemar Minta Zeys Gabung RRQ

Laporan tersebut juga menyerukan untuk mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga jika mereka memenuhi standar keamanan dan privasi tertentu, yang dapat menjadi berita baik bagi perusahaan yang telah kritis terhadap proses peninjauan aplikasi yang ketat yang dikelola oleh Apple.

Rekomendasi ketiga berfokus pada keadilan dalam membuat dan menegakkan aturan, menyerukan transparansi yang lebih besar dan pemberitahuan lanjutan dari Apple dan Google saat mengubah aturan untuk pengembang. Rekomendasi akhir mempromosikan kompetisi terkait dengan pembentukan ekosistem baru.

Jepang tidak sendirian dalam upayanya untuk mengatur toko aplikasi. Beberapa ekonomi besar lainnya, termasuk Korea Selatan, Australia, India, dan Uni Eropa, telah mengambil langkah serupa atau mengisyaratkan niat mereka untuk melakukannya.

Baca Juga:
Di Balik PHK Yahoo, Ini Fakta Penting yang Wajib Anda Tahu

Dengan perubahan di cakrawala, Google sudah mulai mematuhi seruan untuk akses pembayaran pihak ketiga, sementara Apple tetap lebih ragu untuk membuka ekosistemnya.