Cesar Uji Tawakal
Logo Samsung. (Samsung Newsroom)

Tech.hitekno.com - Baru-baru ini, Samsung memperkenalkan ChatGPT, chatbot AI, kepada karyawannya untuk meningkatkan bisnis chipnya. Namun, hanya dalam tiga minggu, tiga kebocoran informasi semikonduktor rahasia terjadi. Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan data dan pelanggaran kerahasiaan.

Dilansir oleh Gizmochina, kebocoran terjadi saat karyawan Samsung memasukkan informasi sensitif, seperti data pengukuran peralatan semikonduktor dan kode sumber, ke ChatGPT.

Informasi ini menjadi bagian dari basis data pembelajaran AI dan dapat diakses oleh siapa saja yang menggunakan ChatGPT, tidak hanya oleh Samsung.

Baca Juga:
Jerman Berpotensi Melarang ChatGPT, Ini Sebabnya

Kebocoran data pertama terjadi ketika seorang karyawan di departemen Solusi Semikonduktor dan Perangkat memasukkan kode sumber terkait database pengukuran peralatan semikonduktor ke ChatGPT.

Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Kebocoran kedua terjadi ketika karyawan lain memasukkan kode terkait hasil dan pengoptimalan, dan kebocoran ketiga terjadi ketika seorang karyawan meminta ChatGPT untuk membuat notulen rapat.

Samsung telah mengambil tindakan untuk mencegah kebocoran lebih lanjut, termasuk memberi instruksi kepada karyawan untuk berhati-hati tentang data yang mereka bagikan dengan ChatGPT dan membatasi kapasitas setiap entri hingga maksimum 1.024 byte.

Baca Juga:
Musuh Pick Estes, Beli 6 Item Ini Buat Counter Efektifnya di Mobile Legends

Perusahaan juga telah menjelaskan bahwa setelah informasi dimasukkan ke chatbot AI, itu dikirim ke server eksternal di mana ia tidak dapat dipulihkan atau dihapus.

Insiden ini menekankan pentingnya keamanan data dan perlunya perusahaan mempertimbangkan dengan cermat potensi risiko dan manfaat dari memperkenalkan chatbot AI ke tempat kerja mereka.

Meskipun chatbot AI dapat meningkatkan efisiensi dan merampingkan proses, mereka juga memerlukan perlindungan dan pelatihan yang tepat untuk memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi sensitif.

Baca Juga:
4 Hero Healer Ampuh di Mobile Legends, Cocok untuk Kawal Marksman dan Tank

Hal ini menyoroti pentingnya keamanan data dan kebutuhan perusahaan untuk mempertimbangkan dengan cermat potensi risiko dan manfaat dari memperkenalkan chatbots AI ke tempat kerja mereka.