Dany Garjito
Ilustrasi uang. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - Wali Kota Bandung Yana Mulyana terjaring OTT KPK bersama beberapa orang lainnya pada Jumat (14/4/2023). Simak harta kekayaan Wali Kota Bandung ini berikut.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana ditangkap KPK ini dibenarkan Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri,

"Betul. KPK, pada Jumat, telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa orang yang sedang melakukan tindak pidana korupsi. Beberapa orang yang ditangkap diantaranya, benar Wali Kota Bandung," kata Ali kepada wartawan, Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga:
Fakta-fakta OTT Wali Kota Bandung Diduga Terlibat Kasus Suap

Yana Mulyana bersama yang lainnya diduga melakukan tindak pidana suap terkait pengadaan barang dan jasa. Namun, pihak KPK masih akan meminta keterangan dari mereka terlebih dahulu. Penangkapan ini lantas membuat harta kekayaan Wali Kota Bandung turut dicari tahu.

Berikut harta kekayaan Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Harta Kekayaan Wali Kota Bandung

Baca Juga:
31 Kode Redeem Free Fire 15 April 2023 Terbaru, Klaim Hadiahnya Sekarang

Menurut laman resmi Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), Yana Mulyana tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp8,55 miliar. Jumlah ini ia laporkan pada 16 Januari 2023 untuk periode 2022. Sementara untuk aset terbesarnya yakni berupa tanah dan bangunan senilai Rp5 miliar.

Aset tanah dan bangunan tersebut merupakan hasil sendiri dengan luas 396 m2/250 m2 yang berada di kota/kabupaten Bandung. Sementara untuk alat transportasi dan mesin, Yana tercatat memiliki dua aset yang totalnya mencapai Rp840 juta.

Pertama, ada motor Harley Davidson Fatboy keluaran tahun 2013 senilai Rp350 juta. Lalu, mobil Pajero Sport Dakar 2019 yang harganya Rp490 juta. Dalam laporan itu, aset-aset ini juga merupakan hasil sendiri. Beralih ke harta bergerak lainnya, Yana memilikinya sebesar Rp40 juta.

Baca Juga:
Harga Asus ROG Phone 7 Series Mulai Rp 13 Jutaan, Usung Snapdragon 8 Gen 2 dan RAM 16 GB

Yana Mulyana memiliki kas dan setara kas senilai Rp2,67 miliar. Tak ada aset surat berharga, harta lain, hingga utang. Jika ditotal secara menyeluruh, harta kekayaan Wali Kota Bandung ini mencapai Rp8,55 miliar. Jumlahnya naik sekitar Rp2 miliar dari data periode 2018 yang hanya Rp6,3 miliar.

Rekam Jejak Karier Yana Mulyana

Sebelum masuk dunia politik, Yana Mulyana sempat menggeluti usaha properti dan lainnya. Ia bahkan mendirikan stasiun radio Rase FM dan menjabat di sejumlah organisasi. Mulai dari Wakil Ketua HIPMI Jabar, Sekretaris Dewan Pertimbangan Kadin Jabar, hingga Bendahara KNPI Jabar.

Baca Juga:
Link Nonton Pesan dari Hati Terbaru, Serial Drama Baru Wajib Tonton

Selain itu, Yana juga sempat menjadi Ketua Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan TNI-Polri Indonesia (FKPPI), Ketua Taekwondo Jawa Barat, dan Ketua PSSI Kota Bandung. Lalu, di SMAN 5 Bandung, ia dipercaya mengisi jabatan Ketua IKA serta Ketua Komite Sekolah.

Untuk karier politik, Yana Mulyana langsung maju sebagai calon Wakil Wali Kota Bandung dalam Pilkada 2018. Saat itu, dirinya berpasangan dengan Oded M Danial dan memenangkan suara. Oded pada 10 Desember 2021 lalu, meninggal dunia.

Atas dasar itu, Yana Mulyana dipilih sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung. Penunjukannya tercantum dalam Surat Edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 39/HM.07/Pem.Otda yang ditandatantani oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. (Suara.com)