Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Google Translate. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - Bahasa Arab memang menjadi salah satu bahasa yang memiliki banyak penutur di belahan dunia. Hal tersebut lantaran banyak alasan, salah satunya karena Arab juga mulai bermain di dunia bisnis internasional.

Selain itu, bahasa Arab juga berguna buat kamu yang beragama Islam ketika melaksanakan ibadah Umrah atau Haji. Sebab dengan bahasa Arab yang baik, kamu akan mudah berkomunikasi dengan orang di Makkah dan Madinah.

Beberapa bahasa seperti Spanyol dan Prancis yang memungkinkan kamu bisa bepergian dan bekerja di banyak negara di dunia. 

Baca Juga:
6 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik 2023, Job Seeker Wajib Coba

Bahasa lain, seperti bahasa Cina, mungkin hanya akan membuat kamu berkonsentrasi dan bekerja di beberapa negara Asia saja. Tapi bahasa Arab adalah campuran dari ini. 

Ada setidaknya 20 negara di Timur Tengah di mana bahasa Arab adalah bahasa nasional. Ini memberi kamu kesempatan bepergian dan bekerja ke berbagai negara yang dikenal dengan sumber daya minyaknya tersebut.

Nah, buat kamu yang ingin memulai belajar Bahasa Arab, ada baiknya kamu memanfaatkan beragam aplikasi di Google Play di bawah ini terlebih dahulu.

Baca Juga:
7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik, Auto Cas Cis Cus

1. Belajar Bahasa Arab Praktis

Aplikasi ini berisi tentang prinsip-prinsip dasar ilmu tata bahasa Arab yang akan memudahkan pengguna untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Arab

Selain Ilmu Kaidah Nahwu, ada juga beberapa kosakata umum bahasa Arab yaitu sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan percakapan atau hiwar dalam bahasa arab seperti 

Baca Juga:
6 Aplikasi Buat Jual Foto Biar Bisa Panen Cuan di Tahun 2023

Kamu akan belajar nama-nama anggota keluarga, anggota badan, rumah tangga, dan oercakapan sehari-hari.

Download aplikasinya di SINI.

2. Learn Arabic - 11,000 Words - FunEasyLearn

Kalau aplikasi yang ini cocok banget digunakan oleh kamu yang ingin beribadah Haji atau Umrah. Sebab isinya full percakapan.

Kamu akan mempelajari berbagai cara memesan kamar hotel, memesan makanan di restoran, menanyakan arah, melakukan percakapan, dan berbicara dengan penutur asli.

Download aplikasinya di SINI.

3. Belajar Bahasa Arab Lengkap

Aplikasi ini sangat cocok untuk yang ingin belajar bahasa arab secara lengkap dalam satu aplikasi saja. Selain mudah dipahami dan lengkap, aplikasi ini memiliki banyak fitur yang akan membuat kegiatan belajar kamu makin menyenangkan.

Beberapa fitur yang disediakan adalah belajar dengan narasi suara, dialog bahasa Arab, percakapan sehari-hari, nama-nama benda dan banyak lainnya.

Download aplikasinya di SINI.

4. Belajar Bahasa Arab - Akramiy

Belajar Bahasa Arab - Akramiy adalah aplikasi pembelajaran bahasa Arab yang dibuat untuk mendukung 4 keterampilan berbahasa, yakni Keterampilan Mendengar Bahasa Arab (Maharatul Istima').

Kemudian adapula Keterampilan Berbicara Bahasa Arab (Maharatul Kalam), Keterampilan Membaca Bahasa Arab (Maharatul Qira'ah) dan Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Maharatul Kitabah)

Download aplikasinya di SINI.

5. BISA Bahasa Arab Nahwu Shorof

Sejauh dari penelusuran Hitekno.com, ini adalah aplikasi terlengkap yang layak kamu pertimbangkan. BISA Bahasa Arab Nahwu Shorof menyediakan materi gambar, video dan suara.

Dengan banyaknya pilihan ini, maka kamu akan sangat terbantu ketika belajar, terutama buat kamu yang memang baru pertama kali belajar Bahasa Arab.

Download aplikasinya di SINI.

6. Durus Al-Lughah Gontory Jilid

Aplikasi ini mengklaim mengambil kitab Al-lughah durus (belajar bahasa Arab) Pondok Modern Darussalam Gontor yang akan disajikan dalam bentuk aplikasi telepon pintar.

Namun aplikasi ini hanya sebagai media pembelajaran alternatif tidak dapat menggantikan peran buku, kelas dan ustadz secara nyata dan hanya membantu ketika dalam kondisi tertentu.

Tujuan yang ingin diperoleh dari pembuatan aplikasi mobile ini adalah untuk memberikan alternatif media pembelajaran bahasa arab, pemanfaatan teknologi smartphone ke arah positif (belajar) dan membantu proses pembelajaran bahasa arab lebih efektif, efisien dan dinamis.

Download aplikasinya di SINI.

Kontributor: Damai Lestari