Cesar Uji Tawakal
Logo Nvidia. (Nvidia)

Tech.hitekno.com - GPU atau Graphics Processing Unit dari Nvidia dikenal sebagai salah satu produsen kartu grafis terkemuka di dunia.

Sebagai produsen hardware yang terus menerus mengembangkan teknologi terbaru, Nvidia secara rutin merilis berbagai jenis GPU dengan kode seri yang berbeda.

Kode seri GPU Nvidia terdiri dari beberapa digit dan huruf, dan seringkali dapat membingungkan bagi pengguna yang kurang familiar dengan jenis GPU yang ditawarkan.

Baca Juga:
Cara Membaca Kode Tipe Prosesor Intel: Simak Arti Tipenya Biar Nggak Salah Pilih

Oleh karena itu, dalam artikel ini, Hitekno.com akan membahas perbedaan kode seri GPU Nvidia agar kamu dapat memahami karakteristik dari setiap jenis GPU yang tersedia dan memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk membaca kode seri GPU Nvidia, Anda perlu memperhatikan beberapa bagian yang menunjukkan merek, generasi, tingkatan performa dan suffix. Misalnya, Nvidia GeForce RTX 3080 Ti adalah GPU Nvidia GeForce RTX generasi ke-3 dengan tingkatan performa 80 dan suffix Ti. Suffix Ti berarti GPU tersebut memiliki peningkatan performa dari versi non-Ti.

Selain suffix Ti, ada juga suffix lainnya yang digunakan oleh Nvidia untuk GPU-nya. Misalnya, suffix GT berarti GPU tersebut memiliki performa rendah dan cocok untuk keperluan sehari-hari, suffix GTS berarti GPU tersebut memiliki performa sedang dan cocok untuk gaming ringan, suffix GTX berarti GPU tersebut memiliki performa tinggi dan cocok untuk gaming berat.

Baca Juga:
Sama-sama Dijual Rp3 Jutaan, Ini Perbandingan Infinix Zero 5G 2023 vs POCO X5 5G

Perbedaan utama antara GTX dan RTX adalah teknologi yang digunakan. GTX menggunakan teknologi lama yang tidak mendukung ray tracing, sedangkan RTX menggunakan teknologi baru yang mendukung ray tracing. Ray tracing adalah teknik untuk membuat efek cahaya dan bayangan yang lebih realistis pada grafis. Selain itu, RTX juga memiliki fitur AI yang lebih canggih daripada GTX.