Kamis, 05 Januari 2023 | 15:25 WIB

Selamat Tinggal Windows 7 dan Windows 8, Microsoft Hentikan Update Keamanan

Agung Pratnyawan
Logo Microsoft. (Microsoft)
Logo Microsoft. (Microsoft)

Tech.hitekno.com - Ucapkan selamat tinggal pada Windows 7 dan Windows 8, karena Microsoft akan berhenti memberikan update keamanan pada kedua sistem operasi tersebut.

Per 10 Januari 2023 nanti, Microsoft akan menghentikan update keamanan dan dukungan teknis Windows 7 dan Windows 8.1.

Hal ini juga menandai peluncuran browser Microsoft Edge 109 atau versi terakhir yang mendukung sistem operasi lawas mereka.

Baca Juga: Perbandingan 3 OS: Ini Keunggulan Windows, Mac dan Linux

Tapi Microsoft Edge bukan satu-satunya browser utama yang meninggalkan Windows 7 dan 8.1, sebagaimana melansir laman The Verge, Kamis (5/1/2023).

Pada Oktober, Google mengumumkan bahwa Chrome juga akan mengakhiri dukungan untuk Windows 7 dan 8.1 pada 7 Februari 2023 mendatang.

Meskipun kedua browser akan terus berfungsi di perangkat ini, keduanya tidak akan menerima update keamanan penting atau fitur baru apa pun.

Baca Juga: Notepad di Windows Bakal Punya Fitur Tab seperti Browser

Dukungan untuk WebView2, alat yang memungkinkan pengembang menyematkan konten berbasis web ke dalam aplikasi mereka, juga akan dihentikan pada 10 Januari nanti.

Tenggat waktu minggu depan menyisakan sedikit waktu bagi pemilik mesin yang masih menjalankan Windows 7, diperkirakan sekitar 100 juta hingga 2021.

Mereka bisa memperbarui perangkat atau menghadapi risiko keamanan yang menyertai penggunaan sistem operasi dan browser yang ketinggalan zaman.

Baca Juga: 4 Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di Laptop Windows dan Mac

Survei Lansweeper terhadap 27 juta perangkat Windows yang dilakukan Oktober lalu menemukan lebih banyak PC yang menjalankan XP, 7, atau 8 daripada jumlah yang menjalankan Windows 11.

Microsoft memberi banyak pemberitahuan kepada pengguna dan pertama kali mengumumkan akhir dukungan untuk Windows 7 pada 2020.

Satu-satunya pengguna yang masih menerima update adalah mereka yang membayar tambahan tiga tahun patch keamanan yang diperpanjang.

Jika memiliki perangkat yang menjalankan Windows 7 dan 8.1, mungkin ini saat yang tepat untuk mengunduh Windows 10 atau 11 di PC kamu.

Tetapi jika itu tidak memungkinkan, Microsoft merekomendasikan untuk mengganti perangkat dengan yang lebih baru, sebelum 10 Januari untuk menghindari potensi masalah keamanan.

Jika kamu masih menggunakan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8, pikirkan untuk beralih ke versi yang lebih baru. Seperti Windows 10 atau Windows 11. (Suara.com/ Dythia Novianty)

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami