Jum'at, 06 Januari 2023 | 15:17 WIB

Samsung Kenalkan Layar OLED 2000 Nits untuk Smartphone, Tawarkan Kecerahan Tinggi

Rezza Dwi Rachmanta
Samsung kenalkan layar OLED 2000 nits. (Samsung Display)
Samsung kenalkan layar OLED 2000 nits. (Samsung Display)

Tech.hitekno.com - Samsung kembali membuat terobosan di industri layar smartphone. Bersamaan dengan CES 2023, Samsung Display resmi mengenalkan layar OLED 2000 nits.

Samsung mencapai kinerja pencahayaan UDR (Ultra Dynamic Range) pertama di industri melalui verifikasi UL Solution, sebuah perusahaan standarisasi keselamatan global.

Sebagai informasi, nit (simbol: nt) adalah satuan pencahayaan non-SI. Satuan Internasional yang biasanya digunakan adalah Candela per meter persegi.

Baca Juga: Capai Jutaan Unit, Layar iPhone 15 Series Bakal Dipasok dari China

Satu Candela per meter persegi sama dengan satu nit. Kita sering melihat nits ditempatkan untuk mengukur tingkat kecerahan layar pada lembar spesifikasi smartphone.

Semakin besar nilai nits, maka kecerahan layar juga semakin tinggi. Keterangan 1.000 nits berarti setara dengan 1.000 lilin yang ditempatkan pada sebuah tempat seluas satu meter persegi.

Samsung kenalkan layar OLED 2000 nits. (Samsung Display)
Samsung kenalkan layar OLED 2000 nits. (Samsung Display)

 

Baca Juga: 4 Perbedaan QLED vs OLED, Mana Teknologi Layar Terbaik untuk TV?

HP kelas menengah biasanya hanya memiliki ratusan nits sementara layar smartphone flagship dapat mencapai lebih dari 1.000 nits.

Layar OLED 2.000 nits tentu menandakan bahwa layar tersebut mempunyai tingkat kecerahan tinggi.

Dikutip dari situs resmi Samsung Display, perusahaan memperoleh nilai UDR 1.500 dan UDR 2.000 untuk layar OLED smartphone-nya.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga TCL Q725 4K QLED TV, Smart TV 43 Inch Layar Memukau

Tanda UDR membuktikan bahwa layar tersebut telah diverifikasi oleh perusahaan verifikasi terkemuka global untuk kemampuan kecerahan sangat tinggi, hingga 1.500 atau 2.000 nits.

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. (Samsung)
Samsung Galaxy S22 Ultra 5G membawa layar dengan kecerahan puncak 1.750 nits. (Samsung)

 

Samsung menilai bahwa kecerahan layar sangat penting mengingat smartphone kerap digunakan di luar ruangan. Kecerahan tinggi memungkinkan layar HP dapat dilihat meski berada di bawah pancaran sinar Matahari.

"Kecerahan layar adalah faktor yang memiliki pengaruh besar pada pengalaman konsumen akan kualitas dan kinerja gambar smartphone. Dengan teknologi dan pengalaman bisnisnya yang khas di bidang OLED, Samsung Display akan terus memimpin pasar dengan produk yang berbeda berdasarkan teknologi yang berorientasi pada konsumen," kata Hojung Lee selaku Kepala Tim Perencanaan Produk untuk Divisi Layar Kecil dan Menengah di Samsung Display.

Sebagai pembanding, Samsung Galaxy S22 Ultra mempunyai tingkat kecerahan puncak hingga 1.750 nits. Belum diketahui mengenai smartphone flagship apa yang bakal menggunakan layar OLED 2000 nits dari Samsung.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami