Rabu, 25 Januari 2023 | 18:32 WIB

Badai Belum Usai, Kini Giliran Spotify yang PHK Karyawan

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Spotify. (Pixabay)
Ilustrasi Spotify. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - Sejumlah perusahaan teknologi telah mengumumkan PHK besar-besaran ke kiri dan ke kanan sebagai tanda bahwa perjuangan ekonomi tidak membaik.

Dilansir dari Android Central, yang terbaru untuk memangkas tenaga kerjanya adalah Spotify, yang mengumumkan minggu ini bahwa mereka mengurangi basis karyawannya sekitar 6%.

CEO Spotify, Daniel Ek, menulis dalam sebuah memo di situs web perusahaan bahwa Spotify perlu menjadi lebih efisien karena kecepatannya saat ini telah terbukti tidak berkelanjutan dalam iklim ekonomi saat ini.

Baca Juga: Memonopoli Iklan Digital, Google Digugat di Amerika Serikat

Ek mengatakan dia mengambil "pertanggungjawaban penuh atas langkah yang membawa kami ke sini hari ini," menyatakan bahwa dia "terlalu ambisius dalam berinvestasi di depan pertumbuhan pendapatan kami."

Spotify mempekerjakan hampir 10.000 pekerja, yang berarti pengurangan itu akan membuat sekitar 600 karyawan kena PHK.

Ilustrasi Spotify. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi Spotify. (Pixabay/StockSnap)

Ek mengatakan bahwa percakapan empat mata akan terjadi dengan karyawan yang terkena dampak dan bahwa mereka dapat mengharapkan tunjangan seperti rata-rata lima bulan uang pesangon, perawatan kesehatan, dukungan imigrasi, dan banyak lagi.

Baca Juga: Siap Kasih Pesangon Hingga Saham, Google PHK 12.000 Karyawan

"Dan sementara saya percaya keputusan ini tepat untuk Spotify, saya mengerti bahwa dengan fokus historis kami pada pertumbuhan, banyak dari Anda akan melihat ini sebagai pergeseran dalam budaya kami," tulis Ek.

"Tetapi ketika kami berkembang dan tumbuh sebagai bisnis, begitu juga cara kami bekerja sambil tetap setia pada nilai-nilai inti kami."

Akibatnya, Spotify juga merestrukturisasi bisnisnya dengan cara yang dapat membantu menjalankan sesuatu dengan lebih efisien.

Baca Juga: 5 HP Murah Cocok untuk Main Mobile Legends 2023

Pengumuman Spotify mengikuti serangkaian PHK dari perusahaan besar seperti Google, Microsoft, Amazon, Meta, dan banyak lagi.

Masing-masing perusahaan ini telah mengumumkan PHK sekitar 10.000 karyawan atau lebih, dengan jumlah Amazon mencapai hampir 20.000.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami